Kamis, 17 September 2015

Orang Kudus 17 September: St. Albertus Avogrado

SANTO ALBERTUS AVOGRADO, PENGAKU IMAN
Albertus Avogrado, atau biasa dikenal sebagai Albertus dari Yerusalem, lahir sekitar tahun 1149 di Castel Gualteri, Parma, Italia. Ia belajar teologi dan hukum. Sekitar tahun 1180, setelah ditahbiskan sebagai imam, ia menjadi kanonik di biara Salib Suci di Mortana, Milan. Pada tahun 1184 ia ditunjuk menjadi Uskup Bobbio, dan tahun 1185 ia menjadi Uskup Vercelli.
Albertus kemudian menjadi penengah pada saat terjadi pertengkaran antara Paus Klemens III dengan Kaisar Frederick Barborossa. Setelah itu oleh Paus, Albertus menjadi delegasi kepausan untuk wilayah Italia Utara, dan juga mendapat gelar pangeran dari Kaisar. Albertus menyelesaikan masalah antara Parma dan Piacenza pada tahun 1199.
Pada tahun 1205 Albertus diangkat menjadi Patriarkh Yerusalem oleh Paus Innosensius III. Albertus banyak berurusan dengan rakyat, baik Kristen maupun muslim, dan juga dengan kerajaan-kerajaan, seperti Frank. Atas permintaan Brocard, prior Karmelit, yang hidup di Gunung Karmel, Albertus menyusun regula atau pedoman hidup bagi para karmelit.
Pada tahun 1213, Paus mengundang dia untuk mengikuti Konsili Lateran IV. Akan tetapi, Albertus terlebih dahulu dibunuh. Albertus dari Yerusalem meninggal dunia pada 14 September 1214, pada saat merayakan Pesta Salib Suci di Gereja St. Yohanes dari Acre.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar