Rabu, 09 September 2015

Orang Kudus 9 September: St. Frederikus Ozanam

BEATO FREDERIKUS OZANAM, PENGAKU IMAN
Antonius Frederikus Ozanam lahir pada 23 April 1813 di Milan, Italia. Ia adalah putra dari Jean Ozanam, seorang pedagang dan Marie Ozanam. Ketika berusia 16 tahun, Frederikus mengalami keraguan terhadap imannya, tetapi ia kembali meyakini imannya melalui bibingan Abbe Nairot, seorang guru.
Frederikus mengikuti kehendak ayahnya dengan belajar hukum di Universitas Paris. Ia juga mengejar keinginannya dengan belajar sastra. Frederikus mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan tempat barunya, sampai ia tinggal bersama keluarga Andre Marie Ampere.
Pada tahun 1831 Frederikus mempublikasikan karyanya yang pertama dengan judul, “Reflexions sur la doctrine de Saint-Simon”. Bersama sahabat-sahabatnya, Frederikus mendirikan Konfrensi Kasih yang kemudian dikenal dengan Serikat Santo Vinsensius a Paulo, yang bertujuan membantu orang-orang miskin pada tahun 1833. Tahun 1834 Frederikus menyelesaikan pendidikan hukumnya dan pada tahun 1840 ia menyelesaikan tesisnya mengenai Dante.
Frederikus berkarya baik dengan menulis maupun mengajar. Pada tahun 1840 Frederikus memperoleh jabatan asisten professor di Universitas Sarbonne. Frederikus kemudian memutuskan untuk menikah dengan Amelie Soulacroix. Dari pernikahannya mereka dikaruniai seorang putrid, Marie. Pada tahun 1844 Frederikus memperoleh jabatan professor, setelah pendahulunya meninggal dunia.
Ketika kesehatannya menurun, Frederikus bersama keluarganya memilih berlibur di Italia. Ketika terjadi Revolusi Perancis pada tahun 1848 Frederikus membantu selalui Serikat St. Vinsensius a Paulo, yang telah berkembang pesat di Perancis, dan juga melalui tulisan-tulisannya dalam Jurnal Katolik yang ia namakan Ere nouvelle.
Kesehatan Frederikus kembali memburuk, bahkan dokternya memintanya untuk beristirahat total. Tetapi Frederikus memilih untuk terus berkarya. Frederikus Ozanam meninggal dunia pada 8 September 1853 di Marseilles, Perancis. Pada 22 Agustus 1997 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar