Senin, 12 Oktober 2015

Orang Kudus 12 Oktober: St. Serafinus Montegranaro

SANTO SERAFINUS MONTEGRANARO, PENGAKU IMAN
Felix de Nicola lahir pada sekitar tahun 1540 di Montegranaro. Ia adalah putra dari Jerome de Nicola dan Theodora. Kesulitan yang dialami keluarganya membuat Felix harus bekerja sebagai penggembala untuk memperoleh tambahan penghasilan. Felix sangat menikmati pekerjaannya dan memiliki kesempatan untuk berdoa. Ketika orangtuanya meninggal dunia, kakaknya memanggilnya kembali untuk pulang dan bekerja dengannya.
Perlakuan kasar kerap diterima oleh Felix dari kakaknya sehingga ia mendambakan sebuah tempat yang sepi dimana ia dapat mempersembahkan dirinya kepada Allah saja. Lois Vannuci, sahabatnya, kemudian menyarankan Felix untuk pergi ke biara Kapusin di Tolentino. Ia mencoba mendaftar pada usia 14 tahun, tetapi ditolak. Felix kemudian mendaftar kembali pada tahun 1558, ketika ia berusia 18 tahun. Kali ini ia diterima.
Felix masuk ke biara Kapusin dengan memperoleh nama baru: Serafinus dari Montegranaro. Serafinus bertugas sebagai penjaga pintu, dan selalu ramah kepada orang yang datang, meski orang itu datang di tengah malam. Serafinus memiliki devosi kepada Sakramen Mahakudus dan Bunda Maria. Ia diberi talenta untuk membaca isi hati seseorang, melakukan mukjizat dan meramal. Banyak orang, termasuk pejabat Gereja, mencarinya untuk meminta nasehat darinya.
Serafinus Montegranaro meninggal dunia pada 12 Oktober 1604 di biara Kapusin di Ascolli Piceno, Italia. Ia dibeatifikasi oleh Paus Benediktus XIII pada 8 Juli 1729, dan dikanonisasi pada 16 Juli 1767 oleh Paus Klemen XIII.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar