Jumat, 30 Oktober 2015

Orang Kudus 30 Oktober: St. Dominikus Collins

BEATO DOMINIKUS COLLINS, PENGAKU IMAN
Dominikus Collins lahir pada tahun 1566 di Youghal, County Cork, Irlandia. Ia adalah putra dari Yohanes dan Felisitas Collins, yang merupakan bangsawan Irlandia. Diskriminasi terhadap umat katolik pada masa kekuasaan Ratu Elisabeth membuat Dominikus pergi meninggalkan Irlandia menuju Perancis. Dominikus bergabung dengan Liga Katolik sampai ia berpangkat kapten.
Setelah 9 tahun di Perancis, Dominikus pindah ke Spanyol untuk melayani Raja Philips II. Dominikus kemudian menyadari bahwa menjadi tentara bukanlah panggilan hidupnya. Ia kemudian bertemu dengan Thomas White, seorang Yesuit yang berasal dari Irlandia. Dominikus mulai berkenalan dengan Serikat Yesus. Dari sini muncul keinginan untuk bergabung dengan Serikat Yesus. Dominikus diterima dalam Serikat Yesus pada 8 Desember 1590.
Masa novisiatnya dijalankan dengan menolong korban wabah penyakit di Santiago de Campostela. Dominikus kemudian ditugaskan untuk menemani seorang Imam Yesuit, James Archer, dalam misi ke Irlandia. Mereka berangkat pada September 1601 dan tiba di Irlandia pada bulan Desember. Mereka kemudian menuju Kastil Dunboy untuk melakukan pelayanan.
Ketika James Archer kembali ke Spanyol Kastil Dunboy dikepung tentara Inggris, yang kemudian berhasil merebut kastil ini. Dominikus ditangkap dan dibawa ke Cork untuk kemudian diinterogasi. Ia ditawarkan berbagai hal seperti kebebasan dan jabatan jika Dominikus mau menyangkal imannya. Akan tetapi, Dominikus menolak dan tetap berpegang teguh pada imannya sehingga ia dihukum mati dengan digantung.
Dominikus Collins meninggal dunia pada 31 Oktober 1602 di Youghal, Cork, Irlandia. Pada 27 September 1992 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar