Senin, 05 Oktober 2015

Orang Kudus 5 Oktober: St. Raymundus Kapua

BEATO RAYMUNDUS KAPUA, PENGAKU IMAN
Raimondo della Vigne lahir pada tahun 1330 di Kapua, Italia. Ia adalah putra sebuah keluarga terpandang di Kapua. Raymundus berkuliah di Universitas Bologna, dan kemudian memilih untuk bergabung dengan Ordo Pengkotbah atau Dominikan. Ia memegang beberapa posisi dalam tarekatnya, di antaranya adalah prior untuk rumah Dominikan di Roma, dan lektor di Florence dan Siena.
Ketika berada di Siena, Raymundus bersahabat dengan Santa Katarina Siena, dan menjadi pembimbing spiritual serta penasehatnya mulai tahun 1376. Raymundus mendukung panggilan Perang Salib melawan bangsa Turki. Ia membantu perdamaian antara Takhta Suci dan Florence, dan memberikan suara untuk Paus Gregorius XI agar meninggalkan Avignon dan kembali ke Roma.
Raymundus aktif menolong para penderita wabah penyakit di Siena sampai ia sendiri tertular penyakit itu. Ketika ia menderita karena penyakit itu, Santa Katarina menjadi perawatnya.
Pada saat terjadi skisma hebat pada tahun 1378, Raymundus dan Santa Katarina mendukung Paus Urbanus VI melawan Anti Paus Klemen VII. Ketika Santa Katarina meninggal dunia pada tahun 1380, Raymundus ditunjuk sebagai Pimpinan Ordo Dominikan. Jabatan ini dipegangnya hingga meninggal. Selama memimpin Ordo Dominikan, Raymundus mereformasi ordo dengan menerapkan aturan ketat, seperti yang ditunjukkan oleh Santo Dominikus.
Raymundus menulis biografi Santa Katarina Siena dan Agnes dari Montepulciano. Raymundus meninggal dunia pada 5 Oktober 1399 di Nuremberg, Jerman. Pada 15 Mei 1899 ia dibeatifikasi oleh Paus Leo XIII.
Baca juga orang kudus hari ini:

1 komentar: