Rabu, 11 November 2015

Orang Kudus 11 November: St. Teodoros Konstantinopel

SANTO TEODOROS KONSTANTINOPEL, MARTIR
Teodoros lahir di Kerak (sekarang: Yordan), dan meninggal di Bithynia, Asia Kecil pada tahun 841. Mulanya ia menjadi biarawan di Yerusalem, dan setelah ditahbiskan menjadi imam, ia dikirim ke Konstantinopel bersama saudaranya Santo Theophanes untuk melancarkan perlawanan terhadap kaum bidaah Ikonoklasme yang didukung oleh Kaisar Leo V (813 – 820). Ikonoklasme adalah aliran kepercayaan yang menentang dipasangnya gambar-gambar atau ikon-ikon suci di dalam gereja. Akan tetapi, atas perintah raja, Teodoros dan Theophanes dibuang ke sebuah pulau di Laut Hitam, terutama karena mereka berani mencela perceraian kaisar dan isterinya, dan menentang usaha raja untuk mengeluarkan semua gambar suci dari dalam gereja.
Kemudian, ketika Theophillus, juga seorang penganut Ikonoklasme, menjadi kaisar (829 – 842), mereka kembali ke Konstantinopel. Namun kemudian mereka ditangkap sekali lagi dan dibuang. Jadi, dua kali mereka mengalami pembuangan itu. akibatnya Teodoros meninggal di Bithynia, Asia Kecil, pada tahun 841, sebagai akibat dari penganiayaan atas dirinya. Sedangkan Theophanes, setelah pembuangan, menjadi uskup di Nicea. Ia wafat pada tahun 845.
Teodoros sangat gigih dalam membebaskan Gereja dari kekuasaan dan pengawasan Negara, yang dianggapnya selalu meremehkan semangat kristiani. Ia juga dikenal sebagai tokoh pembaharu hidup membiara yang sangat besar engaruhnya di kalangan Gereja Timur. Selama berada di tempat pembuangan itu, ia sangat rajin menulis berbagai karya tulis: katekese, kotbah, nyanyian dan buku-buku untuk membela iman yang benar.
sumber: Iman Katolik
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar