Jumat, 13 November 2015

Orang Kudus 13 November: St. Aloysius Versiglia

SANTO ALOYSIUS VERSIGLIA, USKUP & MARTIR
Luigi Versiglia lahir pada 5 Juni 1873 di Olivia Gessi, Pavia, Italia. Ia masuk ke dalam oratori ketika berumur 12 tahun, dan akhirnya menjadi seorang imam Salesian. Setelah tahbisannya pada tahun 1895, ia menghabiskan 10 tahun sebagai kepala novisiat di Genzano di Roma.
Pada tahun 1906 ia memimpin ekspedisi misionaris Salesian pertama ke Cina. Kemudian ia menetap di Macau, dan memulai misi di Shiu Chow. Aloysius ditunjuk sebagai Uskup Shui Chow pada 22 April 1920. Ia mendirikan seminari, rumah yatim piatu dan untuk orang-orang tua.
Aloysius memimpin dengan cara memberikan contoh bagaimana ia bekerja keras dan melakukan segala sesuatu dengan dasar cinta kasih. Ia tidak pernah meminta seseorang untuk mengerjakan sesuatu tanpa melihat terlebih dahulu apa yang orang tersebut kerjakan.
Pada 25 Februari 1930, bersama Calistus Caravario serta lima orang lainnya, yang semuanya anak muda, Aloysius mengadakan suatu perjalanan mengunjungi sebuah komunitas kecil di Lin Chow (Li Tai Tseu). Dalam perjalanan tersebut mereka dihadang oleh sekelompok orang bersenjata yang meminta uang saat itu juga. Sekelompok orang tersebut berusaha merebut para wanita muda. Aloysius dan Calistus dihantam dengan pangkal senjata dan mereka terjatuh ke kapal tidak sadarkan diri. Mereka diikat, diperiksa dan disiksa. Tidak ada lagi yang dapat mereka lakukan untuk melindungi para wanita muda tersebut. Kemudian mereka diseret ke sebuh tempat tidak jauh dari tempat itu. mengetahui apa yang akan terjadi pada mereka, Aloysius dan Calistus hanya dapat berdoa dalam keheningan dan ada akhirnya mereka ditembak mati.
Aloysius Versiglia meninggal dunia pada 25 Februari 1930 di Shui Chow, Cina. Ia dibeatifikasi pada tanggal 15 Mei 1983, dan dikanonisasi pada 1 Oktober 2000 oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar