Jumat, 13 November 2015

Orang Kudus 13 Novermber: St. Fransiska Xaveria Cabrini

SANTA FRANSISKA XAVERIA CABRINI, PENGAKU IMAN
Fransiska Saverio Cabrini lahir pada 15 Juli 1850 di Sant’Angelo Lodigiano, Lombardia, Italia. Ia adalah puteri dari Agustino, seorang petani, dan Stella. Fransiska sudah berkeinginan menjadi seorang biarawati, tetapi ketika mendaftar ia ditolak karena kesehatannya yang buruk. Fransiska kemudian melanjutkan pendidikan ke sebuah sekolah yang diasuh biarawati Puteri Hati Kudus di Arturo. Fransiska kemudian mencoba bergabung dengan Puteri Hati Kudus, namun ia kembali tidak diterima.
Fransiska kembali ke Sant’Angelo pada tahun 1868 dan mengajar pada sebuah sekolah. Pada tahun 1871 Fransiska mengajar di Vidardo atas permintaan seorang imam. Pada tahun 1874 Fransiska diminta untuk mengurus sebuah panti asuhan di Codogno. Bersama beberapa wanita muda yang mengajar di panti asuhan, Fransiska mengikrarkan kaul religious pada tahun 1877. Fransiska menjadi pemimpin dari para novis.
Pada 14 November 1880 Fransiska mendirikan Misionaris Hati Kudus atas permintaan dan dukungan dari uskup. Fransiska berkeinginan untuk menjadi misionaris ke Cina. Fransiska pergi ke Roma untuk meminta pengakuan atas kongragasi barunya. Di sana ia bertemu dengan Yohanes Baptista Skalabrini. Ketika beraudensi dengan Paus Leo XIII, Fransiska diminta untuk tidak bermisi ke timur, melainkan ke barat.
Bersama dengan 6 biarawati, Fransiska pergi ke Amerika dan tiba di New York pada tahun 1889. Berbagai kesulitan dihadapi Fransiska, termasuk ketika ia diminta untuk kembali oleh Uskup Agung New York. Fransiska menolak untuk pulang, karena ia dikirim oleh Paus untuk berkarya. Sedikit demi sedikit Fransiska dan kongragasinya menunjukkan buah karyanya dengan membangun sekolah, panti asuhan, rumah sakit dan berbagai tempat sosial lainnya. Fransiska berkarya terutama bagi para imigran Italia di Amerika. Karyanya juga berkembang sampai ke Amerika Selatan dan Eropa. Pada tahun 1909 Fransiska secara resmi menjadi warga Negara Amerika.
Fransiska Xaveria Cabrini meninggal dunia pada 22 Desember 1917 di Chicago, Illionis, USA. Pada 13 November 1938 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XI, dan pada 7 Juli 1946 ia dikanonisasi oleh Paus Pius XII. Santa Fransiska menjadi warga Negara Amerika pertama yang dikanonisasi.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar