Rabu, 18 November 2015

Orang Kudus 18 November: St. Salomea

BEATA SALOMEA, PENGAKU IMAN
Salomea lahir pada tahun 1201 di Krakow, Polandia. Ia adalah puteri dari Pangeran Leszek I dari Krakow, pemimpin bangsa Polandia, dan Grzymislawa dari Lutsk. Salomea merupakan saudara dari Raja Boleslaw V, Suami dari Santa Kunigunda Kinga. Sejak kecil Salomea telah dipertunangkan dengan Pangeran Koloman dari Hungaria. Salomea dikirim ke Istana Raja Andras II dari Hungaria untuk memperoleh pendidikan serta mempelajari kebudayaan setempat.
Ketika Salomea dan Koloman menikah pada tahun 1215, mereka berjanji untuk menjaga keperawanan mereka. keduanya menjadi pasangan yang saleh, dan atas izin suaminya, Salomea menerima jubah Ordo Ketiga St. Fransiskus. Saat Koloman menjadi raja, Salomea mempertahankan kesederhanaannya. Pada tahun 1225 Raja Koloman gugur dalam pertempuran melawan bangsa Tartar, dan Salomea mengunakan hartanya untuk membantu orang-orang miskin serta membangun gereja.
Pada tahun 1240 Salomea bergabung dengan Ordo St. Klara di Zawichost. Biara ini kemudian dipindahkan ke dekat Krakow. Di tempat inilah, Salomea menghabiskan sisa hidupnya. Ia bahkan sempat menjadi abdis untuk biaranya. Diakhir hidupnya, Salomea meramalkan kematiannya. Salomea meninggal dunia pada 17 November 1268 di Krakow, Polandia. Jasadnya tidak mengalami kehancuran dan mengeluarkan aroma harum. Pada tahun 1623 ia dibeatifikasi oleh Paus Klemen X.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar