Selasa, 24 November 2015

Orang Kudus 24 November: St. Dominikus An Kham

SANTO DOMINIKUS AN KHAM, MARTIR
Dominikus Kham Trong Pham lahir pada tahun 1780 di Nam Dinh, Vietnam. Ia adalah putera sebuah keluarga kristen yang kaya di daerahnya. Ketika berusia 19 tahun Dominikus menikah dengan seorang wanita Kristen dan dikaruniai 3 orang putera dan 3 puteri.
Ketertarikannya kepada imam-imam dominikan membuat Dominikus memutuskan untuk bergabung ke dalam Ordo Ketiga Dominikan. Dominikus dikenal sebagai seorang hakim yang membela orang-orang yang mendapat ketidakadilan.
Pada saat terjadi penganiayaan terhadap umat Kristen oleh Raja Tu Duc, Dominikus ikut ditangkap dan dimasukkan ke dalam kurungan. Karena usianya yang sudah tua, Dominikus tidak disiksa seperti tahanan lain yang lebih muda, namun Dominikus menolak untuk menyangkal imannya. Akhirnya Dominikus dijatuhi hukuman mati bersama dengan puteranya, Lukas Kham Trong Thin.
Dominikus An Kham meninggal dunia sebagai martir pada tahun 1859 di Vietnam. Pada 29 April 1951 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XII, dan pada 19 Juni 1988 ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar