Selasa, 24 November 2015

Orang Kudus 24 November: St. Ignasius Delgado

SANTO IGNASIUS DELGANO, MARTIR
Ignacio Clemente Delgado Cebrian lahir pada 23 November 1761 di Villafeliche, Zaragoza, Spanyol. Ia adalah putera sebuah keluarga yang saleh. Ignasius mengawali panggilannya dengan bergabung ke dalam Ordo Dominikan. Setelah ditahbiskan menjadi imam, ia dikirim menjadi misionaris ke Vietnam. Ignasius bertugas di Vietnam selama sekitar lima puluh tahun. Ia kemudian ditunjuk sebagai Vikaris Apostolik Koajutor Tonkin Timur pada 11 Februari 1794. Ignasius menjadi Vikaris Apostolik Tonkin Timur pada 2 Februari 1799.
Pada saat terjadi penganiayaan terhadap umat Kristen, Ignasius ditangkap dan dimasukkan ke dalam kurungan. Di sinilah Ignasius mengalami banyak penderitaan dan aniaya. Ia dipertontonkan dan dipermalukan di hadapan publik. Selain itu, ia juga dihina dan dilecehkan. Ignasius dibiarkan begitu saja sampai dengan mati kelaparan.
Ignasius Delgado meninggal dunia pada 12 Juli 1838 di Nam Dinh, Vietnam. Pada 27 Mei 1900 ia dibeatifikasi oleh Paus Leo XIII, dan pada 19 Juni 1988 ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar