Selasa, 24 November 2015

Orang Kudus 24 November: St. Vinsensius Liem

SANTO VINSENSIUS LIEM, MARTIR
Pham Hieu Liem lahir pada tahun 1732 di Tra Lu, Tonkin, Vietnam. Ia adalah putera dari Antonio dan Monica Daeon de la Cruz, sebuah keluarga bangsawan di Tonkin. Ketika dibaptis, ia diberi nama Vinsensius Liem da la Paz. Vinsensius kemudian dikirim untuk memperoleh pendidikan di Colegio de San Juan de Lateran, dan Universitas St. Thomas, Filipina.
Setelah menyelesaikan pendidikannya, pada September 1753 Vinsensius memutuskan untuk bergabung ke dalam Ordo Dominikan. Pada tahun 1758 ia ditahbiskan menjadi imam. Pada 3 Oktober 1758 Vinsensius melakukan perjalanan kembali ke Tonkin. Di sana ia bertugas mengajar di seminari dan berkotbah kepada orang-orang non kristen.
Pada saat terjadi penganiayaan terhadap umat Kristen, Vinsensius tetap melakukan pelayanan sampai pada 2 Oktober 1773. Pada tanggal itu ia ditangkap bersama asistennya dan dimasukkan ke dalam kurungan. Di sinilah Vinsensius mengalami banyak penderitaan dan aniaya. Ia disiksa dan dipermalukan di hadapan publik. Di sini ia bertemu dengan seorang imam Dominikan lainnya, Jacinto Castanea. Di dalam penjara mereka tidak berhenti berkotbah dan menyebarkan Injil.
Mereka akhirnya diadili di hadapan raja, dan dijatuhi hukuman mati. Vinsensius Liem meninggal dunia pada 7 November 1773 di Vietnam. Pada 20 Mei 1906 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius X,dan pada 19 Juni 1988 ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar