Selasa, 03 November 2015

Orang Kudus 3 November: St. Rupert Mayer

BEATO RUPERT MAYER, PENGAKU IMAN
Rupert Mayer lahir pada 223 Januari 1876 di Stuttgart, Jerman. Setelah menyelesaikan pendidikannya ia mengutarakan keinginannya untuk menjadi seorang yesuit kepada orangtuanya. Namun ayahnya menyarankan dia untuk menjadi imam terlebih dahulu.
Rupert melanjutkan pendidikan filsafat di Fribourg, Switzerland, dan Munich, serta pendidikan teologi di Tubingen. Rupert ditahbiskan sebagai imam pada 2 Mei 1899. Ia meneruskan impiannya untuk menjadi seorang yesuit dengan bergabung ke noviasiat Yesuit pada 1 Oktober 1900 di Feldkrich, Austria. Rupert dikirim untuk belajar di Belanda pada tahun 1906, dan kembali ke Munich pada tahun 1912.
Rupert kemudian membantu pada imigran dalam mencari tempat tinggal, pekerjaan, serta melayani kebutuhan rohani. Ketika perang dunia I terjadi, Rupert bertugas di garis depan dan mendapatkan pangkat kapten serta bintang kehormatan pada tahun 1916. Pada Desember 1916, Rupert kehilangan kaki kirinya karena cedera, setelah terkena serangan granat. Kebali ke Munich, Rupert membantu umat dalam sebuah komunitas awam.
Ketika berkembang paham komunis dan sosialis, serta munculnya Nazi, Rupert selalu menyeruan perlawanan. Ia bahkan sempat ditangkap dan ditahan, sampai superiornya harus memerintahkannya untuk diam. Setelah dibebaskan, Rupert dianggap membahayakan sampai ia harus ditahan kembali di biara Benediktin di Ettal sampai dengan pasukan Amerika membebaskannya pada tahun 1945. Pada 11 Mei 1945 Rupert kembali ke Munich melanjutkan karyanya.
Rupert Mayer meninggal dunia pada 1 November 1945 ketika ia selesai memberikan homily di Munich, Jerman. Pada 3 Mei 1987 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar