Rabu, 02 Desember 2015

Orang Kudus 2 Desember: St. Maria Angela Astorch

BEATA MARIA ANGELA ASTORCH, PENGAKU IMAN
Jeronima Maria Agnese lahir pada 1 September 1592 di Barcelona, Spanyol. Maria kehilangan kedua orangtuanya ketika berusia 5 tahun. Dikisahkan juga, ketika ia berumur 7 tahun, Maria menderita penyakit, yang bahkan sampai dikatakan Maria meninggal dunia. Maria memperolah mukjizat kesembuhan atau kebangkitan melalui doa dari Muder Angela Margaret Seraphina.
Melalui sebuah dispensasi khusus Maria bergabung dengan Ordo Klaris Kapusin di Barcelona pada usia 11 tahun, di mana saudarinya sudah terlebih dahulu bergabung. Maria menjalani masa postulant selama 5 tahun, sebelum ia memasuki masa novisiat pada 7 September 1608. Maria mengikrarkan kaulnya pada 8 September 1609.
Bersama dengan lima biarawati lain, Maria memulai pendirian komunitas baru di Zaragosa. Pada tahun 1614 – 1623 Maria menjadi pembimbing para novis, dan setelah tahun 1623 ia menjadi direktur formasi. Tahun 1626 Maria ditunjuk sebagai Abdis. Maria mengusahakan agar aturan bagi para biarawati Klaris Kapusin di Spanyol memperoleh pengesahan dari Takhta Suci. Perjuangannya mendapatkan hasil ketika tahun 1627 Paus Urbanus VII mengesahkan aturan tersebut.
Ketika biara di Zaragosa sudah berkembang, Maria mulai berkeinginan untuk membuka sebuah komunitas baru. Berdasarkan permintaan, Maria memutuskan membuka biara baru di Murcia pada tahun 1645. Biara ini dipersembahkan kepada penghormatan Sakramen Mahakudus. Kesulitan cukup dialami Maria dalam mendirikan komunitas baru ini. tahun 1647 terjadi wabah penyakit, dan tahun 1651 dan 1653 terjadi bencana banjir.
Dikisahkan juga ketika terjadi bencana banjir, muncul tuduhan kepada biarawati Klaris Kapusin memiliki hubungan yang tidak pantas dengan imam-imam Yesuit. Hal ini terjadi ketika para biarawati mengungsi ke tempat para Yesuit. Maria dan vikarisnya harus menerima hukuman, yang kemudian dianulir karena semua tuduhan itu tidak terbukti. Terhadap para biarawatinya, Maria mengusahakan supaya mereka hidup seturut aturan yang dibuat Santa Klara. Selain itu Maria menerapkan agar ibadat harian selalu dilakukan, begitu juga dengan usaha agar para biarawati dapat menerima komuni setiap hari.
Maria Angela Astorch meninggal dunia pada 2 Desember 1665 di Murcia, Spanyol. Pada 23 Mei 1982 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar