Rabu, 02 Desember 2015

Orang Kudus 2 Desember: St. Robertus Southwell

SANTO ROBERTUS SOUTHWELL, MARTIR
Robertus Southwell lahir pada tahun 1561 di Norfolk, Inggris. Ia adalah putera dari Richard Southwell dan Bridget, yang merupakan keluarga katolik. Robert dikirim untuk memperoleh pendidikan di Douai, Perancis. Di sana ia memperoleh pendidikan di Kolese Yesuit. Karena situasi politik, Robert sempat mengungsi ke Paris.
Robert kemudian melanjutkan pendidikan pada sebuah kolese Inggris di Roma. Ia berkeinginan untuk bergabung dengan Serikat Yesus, tetapi ditolak pada awalnya. Robert kemudian memohon untuk dapat diterima melalui sebuah surat. Pada 15 Oktober 1578, Robert bergabung dengan Serikat Yesus dan menyelesaikan masa novisiatnya di Tournai pada tahun 1580. Ia melanjutkan studinya di Roma, dan kemudian ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1584.
Setelah tahbisan, Robert bertugas sebagai Prefek Studi untuk kolese Inggris di Roma. Ia juga dikenal sebagai seorang penyair. Pada tahun 1586 Robert dikirim ke Inggris bersama Henry Garnet atas permintaannya sendiri. Di sana ia melayani keluarga-keluarga katolik yang setia secara sembunyi-sembunyi. Ia juga menjadi imam bagi Ann Howard, isteri dari Philips Howard. Selama enam tahun Robert bermisi di Inggris dan ia hidup dengan bersembunyi di rumah umat secara berpindah-pindah.
Tahun 1592 Robert tertangkap di Uxendon Hall, Harrow, setelah Anne Bellamy, puteri salah satu umat yang rumahnya digunakan Robert, tertangkap dan mengakui keberadaan Robert. Robert disiksa dengan kejam dan setelah dipenjara selama 3 tahun, ia dijatuhi hukuman mati dengan digantung.
Robertus Southwell meninggal dunia pada 21 Februari 1595 di Tyburn, Londong, Inggris. Pada 15 Desember 1929 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XI, dan pada 25 Oktober 1970 ia dikanonisasi oleh Paus Paulus VI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar