Kamis, 31 Desember 2015

Orang Kudus 31 Desember: St. Silvester

SANTO SILVESTER, PAUS
Paus Silvester adalah Paus dan orang kudus pertama yang wafat bukan sebagai martir. Informasi tentang kehidupannya sangat terbatas. Silvester menjadi Paus antara tahun 314 – 335, pada masa pemerintahan Kaisar Konstantin Agung. Pada masa itu, sesuai ketetapan kaisar di dalam Edikta Milano, agama Kristen menjadi agama resmi yang berlaku di seluruh kekaisaran. Dengan itu, orang-orang Kristen mulai keluar dari tempat persembunyiannya di katakombe-katakombe dan tidak takut-takut lagi melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan di hadapan umum.
Posisi hukum Gereja menjadi sangat kuat di bawah Kaisar Konstantin Agung. Istana Lateran dihadiakan kepad Takhta Suci oleh Konstantin. Oleh Paus Silvester, istana itu diubah menjadi Gereja Katedral Keuskupan Roma. Gereja Katedral ini menjadi lambing kemerdekaan Gereja dari penguasaan kaisar-kaisar Romawi semenjak kelahirannya. Pada masa kepemimpinannya, Silvester juga mendirikan Gereja Santo Petrus di Vatikan dan rumah-rumah ibadat lainnya di seluruh kota Roma.
Bersama kaisar, Silvester mengambil bagian juga di dalam penyelenggaraan Konsili Ekumenis Pertama di Nicea pada tahun 325 untuk menghukum ajaran sesat Arianisme. Selama masa pontifikatnya, buku “Para Martir Romawi” (Martyrology Romanum) dikerjakan. Ia juga berjuang memajukan kehidupan liturgy dan mendirikan sekolah seni suara di Roma.
sumber: Iman Katolik
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar