Minggu, 10 Januari 2016

Orang Kudus 10 Januari: St. Gregorius Nyssa

SANTO GREGORIUS NYSSA, USKUP & PUJANGGA GEREJA
Gregorius lahir pada sekitar tahun 335 di Caesarea, Cappadocia. Ia adalah putera dari Basilius Tua dan Emmelia. Gregorius adalah juga cucu dari Santa Makrina tua, dan saudara dari Santa Makrina muda, Santo Basilius Agung dan Petrus Sebastea.
Gregorius memperoleh pendidikan dari Santo Basilius Agung. Kemudian hari ia pergi belajar di Athena, Yunani, dan terpengaruh oleh karya-karya Origenes dan Plato. Ia mempelajari dan ahli dalam bidang retorika. Gregorius menikah dengan Theodosia sebelum memutuskan untuk mengikuti jejak saudara-saudaranya yang mengabdikan hidup mereka bagi Allah.
Gregorius ditahbiskan sebagai imam dan kemudian dipilih sebagai Uskup Nyssa. Sebagai uskup, ia pernah difitnah sampai ia terpaksa meninggalkan takhta keuskupannya karena diturunkan melalui sebuah sinode pada tahun 376, tetapi dua tahun kemudian ia kembali dengan disambut oleh seluruh umatnya. Gregorius adalah seorang pembela dogma Tritunggal Mahakudus, dan melakukan banyak perlawanan baik terhadap ajaran-ajaran sesat yang banyak berkembang pada masa itu, terutama arianisme.
Gregorius banyak menghadiri sinode-sinode dan juga Konsili Konstantinopel pada tahun 381. Setelah konsili ia pergi ke daerah Transjordan sampai Yerusalem, dan dalam perjalanannya ia terus membela dogma Tritunggal. Gregorius Nyssa meninggal dunia tidak lama setelah menghadiri sinode Konstantinopel pada tahun 394.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar