Jumat, 15 Januari 2016

Orang Kudus 15 Januari: St. Fransiskus Fernandez de Capillas

SANTO FRANSISKUS FERNANDEZ DE CAPILLAS, MARTIR
Fransiskus Fernandez de Capillas lahir pada 18 Agustus 1607 di Baquerin, Valencia, Spanyol. Menjawab panggilan Tuhan, Fransiskus memutuskan untuk bergabung dengan Ordo Pengkotbah pada usia 17 tahun. Pada tahun 1631 Fransiskus dikirim ke Filipina setelah ditahbiskan sebagai diakon. Fransiskus tiba di Manila pada awal tahun 1632 dan satu tahun kemudian ia ditahbiskan menjadi imam. Fransiskus melayani umat di Filipina sekitar 10 tahun lamanya.
Pada tahun 1642 Fransiskus memilih untuk mendampingi Pastor Fransiskus Diaz del Rincon ke Cina. Fransiskus mempelajari bahasa penduduk setempat dan mulai melayani di daerah Fujian. Fransiskus banyak mempertobatkan para penduduk dan bahkan berhasil mendirikan Ordo ketiga St. Dominikus.
Di tengah keberhasilan itu beberapa penduduk merasa tidak senang dengan keberhasilan karya pastoralnya. Selain itu bangsa Tartar mulai menguasai Cina dan mengadakan perlawanan dengan umat Kristen. Fransiskus ditangkap, dsiksa dan dibunuh sebagai martir dengan cara dipenggal.
Fransiskus Fernandez de Capillas meninggal dunia pada 15 Januari 1648 di Fu’An, Fujian, Cina. Pada 2 Mei 1909 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius X, dan pada 1 Oktober 2000 ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II. Fransiskus Fernandez de Capillas juga dinyatakan sebagai martir pertama Cina.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar