Jumat, 15 Januari 2016

Orang Kudus 15 Januari: St. Makarius

SANTO MAKARIUS, PETAPA
Informasi mengenai orang kudus ini sangat terbatas. Yang jelas ia adalah seorang petapa. Makarius meninggalkan kampong halaman dan keledainya lalu pergi ke suatu tempat pertapaan. Maksudnya adalah untuk lebih memusatkan perhatiannya pada doa, guna memperoleh kekuatan rahmat Allah, supaya tidak terus menerus jatuh ke dalam dosa. Ia sering berdoa dan berjaga sepanjang malam.
Sekali peristiwa ia memikul sekeranjang pasir di bawah terik matahari. Kawan-kawannya heran melihat tingkah lakunya yang aneh ini. namun kepada mereka Makarius berkata, “Tubuhku terlalu banyak menggoda aku. Ada baiknya juga kalau sekali-kali tubuhku diberi beban berat sehingga tidak tergoda untuk pergi melancong ke kota.”
Usahanya untuk tidak menyentuh barang-barang yang dapat mengenakkan tubuhnya sungguh luar biasa. Suatu ketika ia dikirim buah-buah anggur yang masih segar. Ia menolak kiriman itu, menyentuhnya pun ia tidak mau. Ia menyuruh pembawa anggur mengirimkan anggur itu kepada rekannya yang lain. Rekan-rekannya pun bersikap seperti dia. Karena tidak seorang pun yang mau menerima kiriman itu, maka si pembawa anggur membawa kembali anggur-anggur itu kepada Makarius. Melihat hal itu, Makarius menjadi heran, dan ia pun bersyukur kepada Allah, karena atas rahmat-Nya rekan-rekannya bertahan dalam pantang yang berat.
Kondisi tubuh Makarius menunjukkan betapa berat dan sungguh-sungguh ia menjalankan tapa. Pada umurnya yang sudah tua, ia mencoba berdoa tanpa henti selama lima hari. Tetapi pada hari ketiga pondoknya terbakar. Makarius lari meninggalkan pondoknya dan tidak dapat melanjutkan doanya. Tentang peristiwa itu ia berkata, “Itu adalah kehendak Allah, agar aku tidak sombong.” Pada hari-hari terakhir hidupnya, Makarius diusir dari tempat pertapaannya oleh orang-orang Arian yang memusuhi Gereja. Ia meninggal dengan tenang pada tahun 394.
sumber: Iman Katolik
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar