Sabtu, 16 Januari 2016

Orang Kudus 16 Januari: St. Berardus

SANTO BERARDUS, MARTIR
Berardus lahir di Carbio, Umbria, Italia. Ia adalah putera dari keluarg bangsawan Leopardi. Untuk menjawab panggilan Tuhan, Berardus memutuskan untuk bergabung dengan Ordo Fransiskan. Ia diterima pada tahun 1231.
Oleh Santo Fransiskus ia ditugaskan bersama Petrus, Odorikus, Adjutus dan Accursius untuk menyebarkan Injil kepada orang-orang muslim. Berardus dan kawan-kawannya kemudian memutuskan untuk pergi ke Maroko. Dalam perjalanan itu, mereka juga berkotbah di Italia, Aragon, Coimbra, Sevilla, dan terakhir di tempat tujuan awal mereka.
Di Maroko, pada awalnya mereka diterima baik oleh Sultan Miramolin. Akan tetapi, rakyat tidak menyukai mereka, sehingga mereka diusir. Namun mereka tetap pada misi mereka dan memutuskan untuk kembali ke Maroko. Kali ini Sultan, yang sudah dipengaruhi oleh para penasehatnya, marah melihat kelakuan mereka dan mereka diminta untuk menyangkal iman mereka.
Berardus malah berbalik meminta Sultan untuk meninggalkan imannya. Karena kesetiaan pada imannya, Berardus bersama teman-temannya disiksa sampai mati dan menjadi martir Kristus. Berardus meninggal dunia pada 16 Januari 1220 di Maroko. Pada tahun 1418 mereka semua dikanonisasi oleh Paus Sixtus IV.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar