Selasa, 19 Januari 2016

Orang Kudus 19 Januari: St. Stefanus Pongracz

SANTO STEFANUS PONGRACZ, MARTIR
Stefanus Pongracz lahir pada tahun 1583 di Transylvania, Hungaria. Ia adalah putera dari sebuah keluarga bangsawan. Untuk menjawab panggilan Tuhan, Stefanus bergabung pada Serikat Yesus. Tahun 1602 ia memulai masa novisiat di Brno. Stefanus belajar di Graz dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1615.
Stefanus ditugaskan di Humenne selama 4 tahun sebelum kemudian dipindahkan ke Kosice, Slovakia. Di sini ia bertemua dengan Melkhior Grodec, yang juga seorang Yesuit. Di kota ini mereka melayani umat katolik di tengah kebencian para penganut protestanisme Kalvinis.
Ketika Gabriel Bethlen, yang adalah seorang pangeran Transylvania, dan juga penganut kalvinis, menguasai kota, Stefanus ditangkap bersama Melkhior dan Marek Krizin. Ketiganya disiksa dan dipaksa untuk menganut protestanisme, tetapi mereka menolaknya sehingga mereka dibunuh.
Stefanus Pongracz meninggal dunia pada 7 September 1619 di Kosice, Slovakia. Pada 15 Januari 1905 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius X bersama kedua rekannya, dan pada 2 Juli 1995 mereka dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar