Selasa, 19 Januari 2016

Orang Kudus 19 Januari: St. Yakobus Bonnaud

BEATO YAKOBUS BONNAUD, MARTIR
Yakobus Jules Bonnaud lahir pada 27 Oktober 1740 di Cap-Haitien, Nord, Haiti. Sejak kecil ia sudah dibawa ke Perancis. Yakobus memperoleh pendidikan di Kolese La Fleche, sebuah sekolah yang dijalankan oleh Serikat Yesus. Dari sinilah ketertarikannya untuk menjadi seorang Yesuit.
Pada 20 Desember 1758 Yakobus bergabung dengan Serikat Yesus. Ia ditugaskan untuk mengajar selama 2 tahun di Quimper, Britany. Yakobus masuk seminari St. Firmin, dan kemudian melanjutkan ke Flanders untuk memperoleh pendidikan teologi dan hokum Gereja. Pada saat itu Serikat Yesus diusir dari Perancis.
Setelah ditahbiskan menjadi imam, Yakobus ditugaskan di Paris, dimana ia membuat beberapa karya ilmiah. Yakobus kemudian dipindahkan ke Lyon pada tahun 1788, dan ditunjuk sebagai Vikaris Jenderal. Dalam suratnya, Yakobus mengingatkan kepada seluruh umat beriman akan terjadinya penganiayaan. Yakobus menentang keras Revolusi Perancis, dan berusaha membela hak Gereja.
Pada 10 Agustus 1792 Yakobus ditangkap dan ditahan pada sebuah Biara Karmel. Pada 2 September 1792 biara itu diserang, dan Yakobus ikut dibunuh pada penyerangan itu. Yakobus Bonnaud meninggal dunia pada 2 September 1792 di Paris, Perancis. Pada 17 Oktober 1926 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar