Sabtu, 30 Januari 2016

Orang Kudus 30 Januari: St. Sebastianus

BEATO SEBASTIANUS, IMAM
Sebastianus berasal dari keluarga miskin. Keluarganya sangat mengharapkan agar ia membantu menghidupi keluarganya. Tetapi cita-citanya untuk menjadi seorang imam lebih mengugah dan menarik hatinya daripada keadaan keluarganya yang serba kekurangan itu. Sebastianus akhirnya memutuskan masuk seminari dan mengikuti pendidikan imamat.
Banyak sekali tantangan yang ia hadapi selama masa pendidikan itu, terutama karena ia kurang pandai untuk menangkap semua mata pelajaran yang diajarkan. Ia sendiri sungguh insyaf akan kelemahannya. Satu-satunya jalan keluar baginya adalah dengan melipat-gandakan usaha belajarnya.
Perjuangannya yang gigih itu akhirnya memberikan kepadanya hasil akhir yang menyenangkan. Ia mencapai cita-citanya menjadi imam. Karyanya sebagai imam dimulainya di Torino. Sebagaimana biasa, ia selalu melakukan tugasnya dengan rajin, sabar, bijaksana dan penuh cinta kepada umatnya. Tarekatnya sungguh senang karena mendapatkan seorang anggota yang sungguh-sungguh menampilkan diri sebagai tokoh teladan dalam perbuatan-perbuatan baik. Selama 60 tahun ia mengabdikan hidupnya pada Tuhan, Gereja dan umatnya.
Tuhan berkenan mengaruniakan kepadanya rahmat yang luar biasa, yaitu kemampuan membuat mukjizat. Jabatan Uskup Torino, yang ditawarkan kepadanya, ditolak Sebastianus dengan rendah hati. Sebastianus lebih suka menjadi seorang imam biasa di antara para umatnya. Tentang hal ini Sebastianus berkata, “Apa artinya menjadi Abdi Tuhan? Artinya adalah mengutamakan kepentingan Tuhan daripada kepentingan pribadi; memajukan karya penyelamatan Allah dan Kerajaan-Nya kepada manusia. Semua itu harus dilakukan di tengah-tengah umat.”
Imannya yang kokoh kepada Allah dan kesetiaannya kepada panggilan imamatnya, membuat dirinya menjadi satu terang dan kekuatan kepada sesama manusia, terlebih rekan-rekan imam se-tarekatnya. Sebastianus meninggal dunia pada tahun 1740.
sumber: Iman Katolik
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar