Selasa, 05 Januari 2016

Orang Kudus 5 Januari: St. Carolus Houben

SANTO CAROLUS HOUBEN, PENGAKU IMAN
Yohanes Andreas Houben lahir pada 11 Desember 1821 di Munstergeleen, Belanda. Ia menerima komuni pertama pada 26 April 1835 dan sakramen krisma pada 28 Juni di tahun yang sama. Ia memperoleh pendidikan di Sittard dan kemudian di Broeksittard. Pada tahun 1840 pendidikannya harus terganggu ketika ia masuk wajib militer. Di sinilah ia mendengar tentang Kongregasi pasionis. Karena itu, ketika memasuki masa akhir wajib militernya, ia mendaftar dan memohon untuk diterima sebagai anggota pasionis.
Houben diterima oleh Dominikus Barberi. Ia memasuki masa novisiat di Ere, Belgia, pada 5 November 1845, dan kemudian mengambil nama Carolus dari Santo Andreas. Ia mengucapkan kaul pertamanya pada 10 November 1850 dan ditahbiskan sebagai imam oleh Uskup Labis.
Usai ditahbiskan, Carolus dikirim ke Inggris, dimana pasionis mendirikan tiga biara pada saat itu. Carolus melakukan tugas paroki di Paroki St. Wilfred sampai dengan tahun 1856. Ia kemudian dipindahkan ke biara Gunung Argus, di luar kota Dublin. Ia hampir menghabiskan seluruh hidupnya di biara ini. Ia disayangi oleh orang-orang Irlandia yang mengenalnya dengan nama Carolus dari Gunung Argus.
Karena kurang bisa berbahasa Inggris, Carolus bukanlah seorang pengkotbah, tetapi ia sangat berhasil dalam bimbingan spiritual, melalui Sakramen Tobat. Banyak orang yang mencari berkat darinya, termasuk beberapa orang yang mengalami kesembuhan secara ajaib. Ia dikenal hingga Amerika dan Australia sampai pada tahun 1866, ia pindah ke Inggris agar dapat beristirahat dengan tenang. Di sana ia melayani seperti biasa dan ia dicari oleh umat baik Katolik maupun non katolik, di dalam dan di luar biara.
Pada tahun 1874 Carolus kembali ke Dublin dan ia di sana sampai kematiannya. Carolus Houben meninggal dunia pada 5 Januari 1893 di Mount Argus, Irlandia. Pada 16 Oktober 1988 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II, dan pada 3 Juni 2007 ia dikanonisasi oleh Paus Benediktus XVI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar