Minggu, 14 Februari 2016

Orang Kudus 14 Februari: St. Sirilus

SANTO SIRILUS, PENGAKU IMAN
Sirilus lahir pada sekitar tahun 827 di Tesalonika, Yunani, dengan nama Konstantin. Ia adalah saudara dari Santo Methodius, dan kemungkinan besar ibunya adalah orang Slavia, karena mereka mampu berbahasa Slavia. Keluarganya adalah keluarga bangsawan dan dikatakan masih memiliki hubungan dengan Senat Tesalonika. Sirilus belajar filsafat di Universitas Konstantinopel. Ia kemudian ditahbiskan sebagai seorang imam. Pada saat menjadi biarawan ia mengganti namanya menjadi Sirilus.
Pada tahun 861 Sirilus dikirim bersama saudaranya oleh Kaisar untuk mempertobatkan orang-orang Yahudi Khazars. Dalam tugas ini mereka tidak hanya berhasil, tetapi juga mempelajari budaya dan bahasa Khazars. Kemudian muncul permintaan dari Moravia untuk mengirimkan pengkotbah Injil. Dengan bermodalkan bahasa Slavia yang digunakan di Moravia, dan keberhasilan pada misi sebelumnya, Sirilus dan Santo Methodius mengajukan diri untuk bermisi di Moravia.
Tahun 863 mereka pergi ke Moravia. Di sini mereka menerjemahkan liturgi dan Kitab Suci ke dalam Bahasa Slavia. Apa yang mereka lakukan mendapat pertentangan, karena pada saat itu penggunaan bahasa setempat belumlah dikenal dalam Gereja Barat (bahasa setempat baru digunakan dalam Gereja Barat setelah Konsili Vatikan II).
Sirilus  dan Methodius dipanggil oleh Paus Nikolaus I (858 - 867) ke Roma, tetapi Bapa Paus keburu meninggal sebelum bertemu mereka. penggantinya, Paus Adrian II, menerima mereka dan memberikan dukungan atas perbuatan mereka. keduanya diangkat sebagai Uskup, tetapi Sirilus tidak dapat kembali ke Moravia karena ia meninggal di Roma pada 14 Februari 869 di Italia.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar