Senin, 29 Februari 2016

Orang Kudus 29 Februari: St. Anna Line

BEATA ANNA LINE, JANDA & MARTIR
Masa muda Anna berlangsung pada masa penganiayaan dan pembunuhan terhadap umat katolik di Inggris. Meskipun keadaan sangat berbahaya, namun Anna serta adiknya mengambil keputusan berani untuk memeluk agama katolik. Akibat keputusan itu mereka diusir oleh ayah mereka dari rumah mereka dan dicabut hak warisannya. Kelak Anna menikah dengan Roger Line, seorang pemuda katolik saleh. Roger kemudian meninggal dunia pada tahun 1594 di tempat pembuangan di luar negeri.
Sejak saat itu Anna memusatkan perhatian pada hal menolong imam-imam yang dikejar-kejar oleh agen rahasia Inggris. Rumahnya yang berada di London selalu terbuka bagi para imam. Ia menolong mereka sedapat-dapatnya dengan makanan dan bantuan lain seperlunya. Ia ramah dan sopan serta berjiwa tenang. Keinginannya adalah mati bagi Kristus.
Sekali peristiwa ia menolong meloloskan seorang imam Yesuit dari penjara Tower yang mengerikan itu. Karena hal itu diketahui penguasa, maka Anna ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Dengan gagah berani ia berkata kepada hakim-hakim yang mengadilinya, “Saya hanya menyesal bahwa saya tidak dapat menolong imam-imam sebanyak seribu orang lagi.”
Pada tanggal 27 Februari 1601 Anna dibawa ke Tyburn, tempat penyiksaan yang sampai saat ini terkenal sebagai tempat pembunuhan yang mengerikan. Anna tetap sabar dan tenang sampai saat terakhir hidupnya. Ia mengecupi tiang gantungan yang disediakan baginya dan membuat tanda salib pada tiang itu lalu berdoa. Di atas taing gantung itulah Anna menghembuskan nafas terakhir dan menyerahkan rohnya kepada Tuhan.
sumber: Iman Katolik
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar