Kamis, 04 Februari 2016

Orang Kudus 4 Februari: St. Fransiskus Pacheco

BEATO FRANSISKUS PACHECO, MARTIR
Fransiskus Pacheco lahir pada sekitar tahun 1568 di Ponte da Lima, Braga, Portugal. Ia bersekolah di sebuah sekolah yang dikelola imam-imam Serikat Yesus. Dari sinilah muncul ketertarikan untuk mengikuti panggilan Tuhan. Fransiskus akhirnya bergabung dengan Serikat Yesus pada tahun 1585. Fransiskus dikirim sebagai misionaris ke Goa dan melanjutkan pendidikannya. Ia kemudian dikirim ke Makau untuk belajar sampai ia ditahbiskan.
Fransiskus dikirim ke Jepang pada tahun 1604 dan selama 4 tahun berkarya di Osaka dan Miyako (atau Kyoto). Ia kemudian ditunjuk sebagai kepada kepala kolese Yesuit di Makau, dan pada yahun 1614 ia kembali ke Jepang sebagai Vikaris Jenderal untuk Uskup Luis de Cerqueira di Nagasaki.
Ketika terjadi penganiayaan umat Kristen, Fransiskus diasingkan ke Makau, tetapi ia kembali ke Jepang secara sembunyi-sembunyi dengan menyamar sebagai pedagang. Ia berkarya di Takaku serta pulau Amakusa dan Kani. Fransiskus ditunjuk sebagai Provinsial Serikat Yesus, dan memindahkan tenpat tinggalnya ke Kurchinotsu, Arima. Fransiskus akhirnya tertangkap setelah ia dikhianati oleh umatnya yang menyangkal imannya.
Fransiskus ditempatkan di Shimabara bersama para Yesuit lainnya, katekis dan keluarga Kristen lainnya. Ia ditahan bersama Giovanni Battista Zila, Vincent Caun. Di dalam penahanannya, Fransiskus menerima kaul yang diucapkan para katekis untuk bergabung dengan Serikat Yesus. Ia juga membentuk komunitas yang menjalankan hidup membiara dalam keterbatasan mereka.
Pada 20 Juni 1626 mereka dibawa ke Nagasaki dan bergabung dengan Balthasar de Torres. Bersama 9 orang Yesuit, Fransiskus  menjadi martir disaksikan oleh 9 umat Kristen yang menyusul mereka sebagai martir. Fransiskus Pacheco meninggal dunia pada 20 Juni 1626 di Nagasaki, Jepang. Pada 7 Mei 1867 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius IX.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar