Kamis, 04 Februari 2016

Orang Kudus 4 Februari: St. Rudolfo Acquaviva

BEATO RUDOLFO ACQUAVIVA, MARTIR
Rudolfo Acquaviva lahir pada 2 Oktober 1550 di Atri, Naples, Italia. Ia adalah putera seorang bangsawan di Atri. Rudolfo merupakan keponakan dari Claudio Acquaviva, Superior Jenderal Yesuit kelima, dan juga sepupu dari Santo Aloysius Gonzaga. Mengikuti jejak pamannya, Rudolfo bergabung dengan Serikat Yesus pada 2 April 1568 di novisiat Sant Andrea. Rudolfo menyelasaikan pendidikan filsafat dan teologi di Roma, dan ditahbiskan pada tahun 1678 di Lisbon.
Rudolfo kemudian dikirim sebagai misionaris ke Goa, India. Di sini ia mengajar filsafat di kolese St. Paulus. Kemudian Rudolfo dikirim lagi sebagai misionaris kepada Mogul Agung Akbar. Ia berusaha memberitakan Injil kepada Mogul dan rakyatnya, tetapi gagal membuat mereka percaya. Rudolfo kemudian ditarik dan ditunjuk sebagai superior misi di Salsette. Ia memutuskan memulai tugasnya dengan pergi ke desa Cuncolim bersama Alphonsus Pacheco, Anthony Francis, Fransiksus Aranha dan Petrus Berno.
Kedatangan mereka mendapat perlawanan dari umat Hindu di desa itu. Ketika mereka memilih tempat untuk mendirikan kapel di kemudian hari, warga semakin marah karena tanah itu sebelumnya adalah kuil hindu. Karena itu, warga membunuh mereka semua.
Rudolfo Acquaviva meninggal dunia pada 25 Juli 1583 di Cuncolim, India. Pada 16 April 1893 ia dibeatifikasi oleh Paus Leo XIII.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar