Sabtu, 23 April 2016

Orang Kudus 23 April: St, Egidius Asisi

BEATO EGIDIUS ASISI, PENGAKU IMAN
Egidius lahir sekitar tahun 1190 di Asisi, Ubria, Italia. Ia adalah seorang petani. Ketika Santo Fransiskus mulai berkarya, ia mendatanginya dan ingin mengikuti cara hidupnya. Keinginan Egidius disambut baik oleh Fransiskus, dan ia menjadi pengikutnya yang ketiga pada 23 April 1209. Egidius ikut bersama Fransiskus ketika akan meminta restu Paus Innosentius III atas aturan hidup Ordo Fransiskan.
Egidius kemudian melakukan ziarah ke makam Santo Yakobus di Compostela. Dari sini ia melanjutkan perjalanan ke Yerusalem. Ia juga mengunjungi tempat suci Santo Mikael di Gunung Gargano, dan makam Santo Nikolaus di Bari. Egidius kemudian hendak pergi ke Tunisia untuk berkotbah kepada orang-orang muslim. Akan tetapi umat Kristen di Tunis tidak menerimanya dan memulangkannya, karena mereka takut Egidius akan menimbulkan kekacauan.
Akhirnya Egidius memutuskan untuk hidup selalu membantu orang-orang yang ia temui. Pada tahun 1234 Egidius pindah menuju Monte Ripido, dekat Perugia. Egidius  sempat bertemu dengan Santo Bonaventura, ketika ia mengunjungi Perugia. Paus Gregorius IX mengagumi Egidius bahkan meminta nasehat Egidius untuk menjalankan tugasnya.
Egidius Asisi meninggal dunia pada 23 April 1262 di Monte Ripido, Umbria, Italia. Pada tahun 1777 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius VI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar