Sabtu, 30 April 2016

Orang Kudus 30 April: St. Benediktus Urbino

BEATO BENEDIKTUS URBINO, PENGAKU IMAN
Mark Passionei lahir pada 13 September 1560 di Urbino. Ia berasal dari keluarga bangsawan Passionei. Ayahnya adalah Dominic Passionei dan ibunya adalah Magdalen Cibo. Mark adalah anak ketujuh dari 11 bersaudara. Ayahnya meninggal dunia ketika ia berumur 4 tahun dan saat ia berusia 7 tahun giliran ibunya meninggal.
Mark kemudian belajar hokum di Perugia dan Padua, dan memperoleh gelar doktor dalam usia yang masih muda. Ia kemudian bekerja pada rumah tangga Kardinal Peter Jerome Albani di Roma, tetapi ia berhenti tak lama bekerja. Salah satu alasannya untuk berhenti adalah keinginannya untuk menjawab panggilan Tuhan.
Tak lama setelah berhenti, Mark bergabung dengan Ordo Fransiskan Kapusin di Fano pada 1584. Ia memperoleh nama baru: Benediktus. Pada tahun 1590 Benediktus ditahbiskan sebagai seorang imam, dan ia banyak berkotbah di desa dan juga di kota besar. Pad atahun 1600 ia dikirim menuju Bohemia bersama Santo Laurensius Brindisi. Di sana mereka melawan ajaran sesat Protestanisme, dan menumbuhkan kembali iman katolik umat. Benediktus kembali pada tahun 1602 dan terus berkarya sebagai pengkotbah.
Benediktus Urbino meninggal dunia pada 30 April 1625 di Fossombrone, Italia, setelah menderita hernia. Pada 15 Januari 1867 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius IX.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar