Kamis, 12 Mei 2016

Orang Kudus 12 Mei: St. William Tirri

BEATO WILLIAM TIRRI, MARTIR
William Tirri lahir pada tahun 1608 di Cork, Irlandia. Ia adalah putera dari John Tirri, dan Joan. Pamannya adalah Uskup Keuskupan Cork-Cloyne. Ketika berusia 18 tahun, William bergabung dengan Ordo Agustinian di Cork. Ia kemudian dikirm untuk belajar ke Valladolid, Spanyol, dan menyelesaikan pendidikannya. William ditempatkan di Brussels, Belgia.
Setelah ditahbiskan sebagai imam, William kembali ke Irlandia pada tahun 1641. Situasi politik, akibat dari protestanisme, di Irlandia yang buruk membuat William tidak dapat kembali ke komunitasnya. Untuk sementara waktu William bekerja dengan pamannya.
Pada tahun 1646 William ditunjuk sebagai sekretaris provincial, dan pada 15 Juni 1649 ia ditunjuk sebagai prior provincial di Skreen. William harus menyembunyikan diri, dan memberikan pelayanan secara sembunyi-sembunyi ketika dikeluarkan aturan Imam Gereja Katolik dituduh melakukan pengkhianatan. William dikhianati oleh orang-orang di sekitarnya dan ditangkap pada Malam Paskah, Maret 1654.
William menolak menyangkal iman katoliknya, dan mengakui kesetiaannya kepada pimpinan Ordo St. Agustinus dan kepada Paus. William dianggap berkhianat dan dijatuhi hukuman mati. Dengan jubah Ordo Agustiniannya, dan berdoa Rosario, William menghadapi hukuman mati.
William Tirri meninggal dunia sebagai martir pada 12 Mei 1654 di Clonmel, Irlandia. Pada tanggal 27 September 1992 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar