Kamis, 19 Mei 2016

Orang Kudus 19 Mei: St. Agustinus Tarano

BEATO AGUSTINUS TARANO, PENGAKU IMAN
Terlahir dengan nama Matteo Novello, orang kudus ini lahir sekitar tahun 1240 di Tarano, Rieti, Italia. Matteo menyelesaikan pendidikan hukum di Universitas Bologna. Ia kemudian bekerja melayani Raja Manfred dari Sicily. Setelah kematian Raja Manfred, Matteo bergabung dengan Ordo St. Agustinus di Rosia, Siena. Matteo mengganti namanya menjadi Agustinus, dan menyembunyikan latar belakang pendidikannya.
Ketika terjadi masalah hukum antara tarekatnya dengan uskup setempat, latar belakang pendidikan hukumnya diketahui. Agustinus dipanggil Prior Jenderal, Clemens Osimo, ke Roma. Ia ditahbiskan menjadi imam dan bertugas membantu Clemens dalam merevisi konstitusi Ordo St. Agustinus. Selain itu Clemens juga menominasikan Agustinus untuk posisi di Kuria Roma.
Pada tahun 1298 Agustinus terpilih menjadi Prior Jenderal Ordo Agustinian. Dikisahkan bahwa ia berusaha menolak, tetapi Bapa Paus memintanya untuk menerima jabatan itu. Sekalipun akhirnya ia menerima jabatan itu, namun dua tahun kemudian ia mengundurkan diri dari posisinya, dan mengasingkan diri ke Pertapaan San Leonardo al Lago, Siena.
Agustinus melayani umat di sekitar Siena, dan berperan dalam pendirian rumah sakit di Siena. Agustinus Tarano meninggal dunia pada 19 Mei 1309 di Siena, Italia. Pada tahun 1761 ia dibeatifikasi oleh Paus Klemen XIII.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar