Minggu, 22 Mei 2016

Orang Kudus 22 Mei: St. Renate

SANTA RENATE, PENGAKU IMAN
Renate lahir pada sekitar tahun 1544. Ia adalah seorang ratu dari kerajaan Bavaria dan ibu dari 10 orang anak. Sebagai seorang ibu, Renate mendidik sendiri anak-anaknya supaya hidup sederhana dan jujur sesuai nilai-nilai kristiani. Renate memiliki jiwa sosial. Ia mempunyai perhatian yang besar kepada para pengemis dan orang-orang miskin. Kepada mereka Renate sering membagi-bagikan makanan, dan dengan tangannya sendiri ia menjahit pakaian untuk orang-orang malang itu, dan untuk keperluan ibadat gereja.
Sebagai wujud perhatiannya kepada orang miskin dan terlantar, Renate mendirikan sebuah rumah sakit. Di sini ia dapat lebih melayani para pengemis, gelandangan dan orang miskin. Bersama suaminya Renate hidup seperti di dalam biara. Cara hidup mereka ini terus dijalani dengan setia meskipun banyak orang yang mencemooh mereka. Renate meninggal dunia pada tahun 1602.
sumber: Iman Katolik
Baca juga orang kudus hari ini:

5 komentar:

  1. Renata of Lorraine atau Renata of Bavaria belum dikanonisasi oleh Gereja. Ia hanyalah seorang Ratu yang di kultuskan "Kudus" oleh umat Katolik di Bavaria Jerman. Sampai saat ini Kultus kesuciannya belum di konfirmasi (belum "Cultus Confirmed") oleh Gereja.

    Referensi : https://en.wikipedia.org/wiki/Renata_of_Lorraine

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas tanggapan dan infonya. Data ini kami ambil dari website iman katolik, yang sama dengan buku "Orang Kudus Sepanjang Tahun" karya Mgr. Nicolaas Martinus Schneiders, CICM. Memang ada beberapa orang kudus yang hanya dikultuskan, tapi belum resmi dikanonisasi. Kami menampilkaan tokoh ini agar umat mengikuti teladan hidupnya, sekalipun dia belum resmi menyandang gelar santa.

    BalasHapus
  3. Lahir tahun 1783, meninggal dunia tahun 1602? Admin salah ketik nih.

    BalasHapus