Minggu, 22 Mei 2016

Orang Kudus 22 Mei: St. Yohanes Baptista Makado, dkk

BEATO YOHANES BAPTISTA MAKADO, LEO TANAKA, DKK, MARTIR
Yohanes Baptista Makado lahir di kepulauan Azores, dari sebuah keluarga bangsawan. Pemuda ksatria ini bercita-cita menjadi rasul Kristus, jika mungkin di Jepang. Ia memang tahu akan rawan serta bahayanya tanah misi Jepang, namun rupanya ia ingin menjadi saksi iman di sana.
Pada abad XVI karya misi di Jepang ditangani antara lain oleh imam-imam Yesuit. Oleh karena itu Yohanes masuk Ordo Serikat Yesus. Setelah ditahbiskan menjadi imam, ia diutus pergi ke negeri Sakura ini. Yohanes ternyata seorang imam sekaligus rasul yang rajin. Mula-mula ia bekerja di Fuxima dan Nagasaki. Sewaktu berada di Pulau Goto, Yohanes ditangkap dan dibawa ke Omura bersama beberapa kawannya. Di sanalah mereka dipenggal kepalanya pada 22 Mei 1617, karena imannya kepada Kristus dan semua perjuangannya untuk menyebarkan Injil Kristus.
Di antara imam-imam itu ada juga Leo Tanaka, seorang imam agama yang sangat giat membantu imam-imam dalam mengajar agama kepada umat. Oleh seorang pengawal yang mengenal baik dia, Tanaka diberi kesempatan untuk melarikan diri. Tetapi setelah merenungkan hal itu secara mendalam, ia memutuskan untuk tidak lari agar tidak menimbulkan skandal kepada umat sebagai pengkhianat iman
Sewaktu teman-temannya dibunuh, Tanaka di bawa ke sana untuk menyaksikan penderitaan yang ditimpakan kepada mereka. Ia merasa sedih karena hukuman mati yang sama belum juga dijatuhkan kepada dirinya ketika itu juga. Ia terus menanti mahkota martir itu dengan tekun berdoa. Akhirnya sepuluh hari kemudian ia juga memperoleh mahkota saksi iman yang dirindukannya. Mereka semua dipenggal kepadanya di dekat pulau Omura.
sumber:Iman Katolik
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar