Minggu, 29 Mei 2016

Orang Kudus 29 Mei: St. Maria Anna Paredes

SANTA MARIA ANNA PAREDES, PENGAKU IMAN
Maria Anna lahir pada 31 Oktober 1618 di Quito, Ekuador. Ia adalah puteri dari Girolamo Flores Zenel de Paredes, seorang bangsawan dari Toledo, dan Mariana Cranobles de Xaramilo. Dikisahkan bahwa kelahiran Maria ditandai dengan fenomena yang tidak biasa. Selama hidupnya, Maria Anna juga beberapa kali mengalami mukjizat yang menghindarkannya dari kematian.
Maria kehilangan kedua orangtuanya ketika masih kecil. Ia kemudian diasuh oleh saudaranya. Maria menunjukkan kekudusannya dalam hidup doa dan devosi kepada Bunda Maria. Selain itu Maria bergabung dengan Ordo Ketiga Fransiskan, mengikrarkan kaul kemurnian, kemiskinan dan ketaatan. Saat itu Maria masih berusia 10 tahun.
Menyadari bahwa Tuhan memanggilnya untuk hal lain, akhirnya Maria memutuskan untuk menjadi petapa di rumah saudaranya. Hidup matiraganya sangat keras dijalaninya, seperti ia hanya mengonsumsi ekaristi saja setiap harinya. Kekudusannya ini membuat Maria diberikan beberapa karunia, seperti meramal, menyembuhkan orang sakit dan membangkitkan seseorang dari kematian.
Ketika terjadi wabah penyakit, Maria membantu mereka yang sakit. Ia juga berdoa mempersembahkan dirinya demi kesembuhan para penderita wabah penyakit tersebut. Maria Anna Peredes meninggal dunia pada 26 Mei 1645 di Quito, Ekuador. Pada 10 November 1853 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius IX, dan pada 9 Juli 1950 ia dikanonisasi oleh Paus Pius XII.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar