Senin, 09 Mei 2016

Orang Kudus 9 Mei: St. Gregorius Preca

SANTO GREGORIUS PRECA, PENGAKU IMAN
Gregorius Preca lahir pada 12 Februari 1880 di Valletta, Malta. Ia adalah putera dari Vicenzo Preca, seorang pedagang dan juga petugas kesehatan, dan Natalia Ceravolo. Gregorius dibaptis pada 18 Februari 1880. Pada tahun 1888 keluarganya pindah ke Flamrun.
Gregorius memperoleh pendidikan di Lyceum dan melanjutkan pendidikannya di Seminari Tinggi di Malta. Dalam masa formasi, Gregorius hampir meninggal dunia karena menderita penyakit yang parah. Terinspirasi dari bapa pengakuannya, Gregorius mulai merencanakan untuk membentuk sebuah komunitas Diakon Permanen. Ia mulai menulis aturan-aturan dalam bahasa Latin.
Pada saat yang hampir sama, Gregorius bertemu dengan sekelompok orang muda di Flamrun, dan mengundang mereka untuk melakukan pertemuan rohani. Pada 22 Desember 1906 Gregorius ditahbiskan oleh Uskup Pietro Pace. Gregorius melanjutkan pembinaan terhadap kelompok orang muda, yang kemudian dikenal dengan nama Sicietas Doctrinae Christianae. Kelompok ini dipimpin oleh Eugenio Borg, dan pada tahun 1910 kelompok perempuan terbentuk yang dipimpin oleh Giannina Cutajar. Kelompok ini memiliki motto yang berasal dari sebuah ejekan: MUSEUM (Magister Utinam Sequatur Evangelium Universus Mundus).
Masa-masa buruk dialami kelompok Gregorius pada tahun 1909, ketika ia diminta menutup kelompoknya. Akan tetapi Gregorius mendapat dukungan dari pastor paroki dan Vikaris Jenderal. Pada tahun 1916 Uskup Mauro Caruana melakukan penyelidikan, dan pada akhirnya memberikan pengakuan pada 12 April 1932.
Pada tahun 1910 Gregorius mengalami penglihatan akan Kanak-kanak Yesus yang ia jumpai dalam suatu pagi. Pada 21 Juli 1918 Gregorius bergabung dengan Ordo Ketiga Karmel, dan pada tahun 1919 ia mengambil nama Franco. Gregorius sangat berdevosi kepada peristiwa inkarnasi. Ia dianugerahi gelar monsignor oleh Paus Pius XII pada 2 Oktober 1952.
Pada tahun 1957 Gregorius menyusun 5 Peristiwa Cahaya yang kemudian diperkenalkan oleh Paus Yohanes Paulus II. Selama hidupnya Gregorius banyak menulis buku mengenai dogma, moral dan spiritualitas. Gregorius Preca meninggal dunia pada 26 Juli 1962 di Santa Venera, Malta. Pada 9 Mei 2001 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II, dan pada 3 Juni 2007 ia dikanonisasi oleh Paus Benediktus XVI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar