Kamis, 02 Juni 2016

Orang Kudus 2 Juni: St. Yohanes Battista Skalabrini

BEATO YOHANES BATTISTA SKALABRINI, USKUP & PENGAKU IMAN
Yohanes Battista Skalabrini lahir pada 8 Juli 1839 di Fino Mornasco, Como, Italia. Ia adalah putera dari keluarga yang taat. Menjawab panggilan Tuhan, Yohanes masuk seminari Como, dan menyelesaikan pendidikan filsafat dan teologi. Ia ditahbiskan sebagai imam pada 30 Mei 1863, dan ditugaskan menjadi pengajar di seminari. Pada tahun 1867 ia diangkat menjadi rektor, dan 3 tahun berikutnya ia menjadi pastor paroki.
Pada 20 Januari 1876 Yohanes ditunjuk sebagai Uskup Piacenza oleh Paus Pius IX, setelah karya pastoralnya menarik perhatian Paus. Sebagai uskup, Yohanes secara rutin mengunjungi umatnya. Ia juga melakukan reorganisasi terhadap seminari, dan reformasi terhadap kurikulumnya. Yohanes juga mengusulkan dilakukannya Kongregs Kateketik Nasional di Piacenza.
Ketika terjadi bencana wabah kolera, Yohanes menolong mereka yang terjangkit wabah. Dan ketika terjadi bencana kelaparan Yohanes menjual kuda, piala bahkan salib pectoral-nya untuk membeli makanan bagi umatnya. Yohanes juga mempromosikan rekonsiliasi antara Gereja dan Negara.
Kepedulian Yohanes terhadap orang-orang Italia yang beremigrasi diwujudkan dengan mendirikan Kongregasi Misionaris St Karolus Borromeus pada 28 November 1887 atas izin Paus Leo XIII. Kongregasi ini juga didirikan bagi para biarawati pada 25 Oktober 1895. Yohanes juga meyakinkan St. Fransiska Xaveria Cabrini dan biarawatinya untuk berkarya bagi orang-orang Italia di Amerika.
Yohanes Battista Skalabrini meninggal dunia pada 1 Juni 1905 di Piacenza, Italia. Pada 9 November 1997 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar