Rabu, 22 Juni 2016

Orang Kudus 22 Juni: St. Yulia Billiart

SANTA YULIA BILLIART, PENGAKU IMAN
Maria Rosa Julia Billiart lahir pada 12 Juli 1751 di Cuvilly, Picardy, Perancis. Ia adalah puteri dari Jean Francois Billiart, seorang petani, dan Marie Louise Antoinette Debraine. Sejak kecil kecil ia sudah sangat tertarik dengan pelajaran agama. Ia mempelajari katekismus dengan sendirinya dan mengajarkannya kepada teman-teman sebayanya. Pastor parokinya mengizinkannya menerima komuni pertama sebelum usia yang ditentukan.
Yulia mengikrarkan kaul pribadi pada usia 14 tahun, dan mulai berkarya kepada orang-orang miskin. Ketika berusia 22 tahun, Yulia yang sedang duduk di samping ayahnya menyaksikan usaha percobaan pembunuhan terhadap ayahnya. Hal ini membuatnya lumpuh dan pincang selama sekitar 30 tahun. Selama kelumpuhannya, Yulia masih terus berdoa dan menyerahkan hidupnya kepada Tuhan.
Selama Revolusi Perancis Yulia menggunakan rumahnya untuk menyembunyikan para imam dan biarawan. Ia kemudian menjadi sasaran pihak pemerintah, sehingga Yulia harus dilarikan ke Compeigne, dan bersembunyi dari satu rumah ke rumah lainnya. Bersama dengan Francoise Blin de Bourdon, seorang bangsawan, Yulia membagikan keinginannya.
Pada tahun 1803 mereka mendirikan Kongregasi Notre Dame de Namur di Amiens, Perancis. Karya ini mendapat dukungan dari uskup setempat dan bertujuan pada pendidikan anak-anak yang tidak mampu. Pada 1 Juni 1804, setelah menyelesaikan rangkaian novena, Yulia sembuh secara ajaib dari penyakitnya. Ia mampu berjalan seperti semula. Yulia kemudian mengikrarkan kaulnya pada 15 Oktober 1804. Ia menjadi superior jenderal kongregasinya yang pertama.
Yulia Billiart meninggal dunia pada 8 April 1816 di Namur, Belgia. Pada 13 Mei 1906 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius X, dan pada 22 Juni 1969 ia dikanonisasi oleh Paus Paulus VI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar