Minggu, 10 Juli 2016

Orang Kudus 10 Juli: St. Nikolaus Pieck

SANTO NIKOLAUS PIECK, MARTIR
Nikolaus Pieck lahir pada 29 Agustus 1534 di Gorkum, Belanda. Ia adalah putera dari Yohanes Pieck dan Henriea Clavia. Nikolaus belajar di Bois-le-Duc sebelum bergabung dengan Ordo Fransiskan. Setelah belajar di Louvain, Nikolaus ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1554. Nikolaus menyebarkan Injil di Belanda dan Belgia, dan juga berkotbah melawan ajaran sesat.
Nikolaus kemudian terpilih sebagai guardian biara di Gorkum, dimana ia berkotbah melawan Kalvinisme terhadap ajaran Kehadiran Nyata Kristus dalam Sakramen Mahakudus. Ia ditangkap bersama para biarawan lainnya ketika kota Gorkum dikuasai Watergeuzen yang beraliran Kalvinis. Setelah disiksa, Nikolaus bersama dengan biarawan lainnya tetap menunjukkan kesetiaannya kepada Paus dengan menolak tawaran para kalvinis yang akan membebaskan mereka.
Nikolaus Pieck meninggal dunia pada 9 Juli 1572 di Briel, Belanda sebagai martir setelah digantung bersama dengan biarawan lainnya. Pada 24 November 1675 ia dibeatifikasi oleh Paus Klemen X, dan pada 29 Juni 1867 ia dikanonisasi oleh Paus Pius IX.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar