Minggu, 10 Juli 2016

Orang Kudus 10 Juli: St. Veronika Yuliani

SANTA VERONIKA YULIANI, PENGAKU IMAN
Terlahir dengan nama Ursula Giuliani, Veronika lahir pada sekitar tahun 1660 di Mercetello, Urbino, Italia. Ia adalah puteri dari Francesco Giuliana dan Benedetta Mancini. Kekudusan Veronika terlihat sejak kecil, ketika ia pertama kali berbicara dan menyampaikan pesan kepada seorang pedagang untuk berlaku adil karena Tuhan mengawasinya.
Ketika beranjak dewasa, Ursula berkeinginan untuk hidup membiara, walaupun hal ini ditentang oleh ayahnya. Ursula kemudian jatuh sakit dan sembuh ketika ayahnya menyetujui keinginannya untuk hidup religius. Ursula bergabung dengan biara Klaris Kapusin di Citta di Castello, Umbria, Italia pada 17 Juli 1677 dan mengambil nama Veronika.
Veronika mulai mengalami pengalaman mistisnya dengan mendapat penglihatan akan Yesus. Pada tahun 1693 ia memperoleh penglihatan yang menunjukkan bahwa ia akan mengalami sengsara Kristus. Pada tahun 1694 Veronika memperoleh stigmata berupa mahkota duri yang terlihat. Atas perintah uskup, Veronika memperoleh perawatan medis atas luka-luka stigmatanya. Tetapi pada Jumat Agung 1697 Veronika menerima luka pada tangan, kaki dan lambungnya.
Setelah itu Veronika bertugas sebagai kepala novis selama 30 tahun. Veronika juga menolak membiarkan para novis membaca apapun yang berkaitan dengan penglihatan maupun mistisme yang ia alami. Pada tahun 1716 Veronika diangkat sebagai abdis biara.
Veronika Yuliani meninggal dunia pada 9 Juli 1727 di Citta di Castello, Italia. Pada 17 Juni 1804 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius VII, dan pada 26 Mei 1839 ia dikanonisasi oleh Paus Gregorius XVI. Satu informasi, tubuh Veronika tidak mengalami kerusakan.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar