Selasa, 12 Juli 2016

Orang Kudus 12 Juli: St. Yohanes Jones

SANTO YOHANES JONES, MARTIR
Yohanes Jones lahir pada sekitar tahun 1530 di Clynog Fawr, Gwynedd, Wales. Ia berasal dari keluarga katolik. Untuk menjawab panggilan Tuhan Jones bergabung dengan Ordo Fransiskan di Greenwich. Pada tahun 1559 Jones memutuskan untuk pergi ke Perancis. Ia mengikrarkan kaulnya di Pontoise, Perancis. Jones kemudian pergi ke Roma dan menetap di Ara Caeli, sebelum akhirnya meminta untuk dikirim kembali ke Inggris. Sebelum pergi, Jones mendapat berkat dari Paus Klemen VIII.
Jones tiba di London pada 1592, dan berkarya secara sembunyi-sembunyi, terutama kepada para tahanan katolik. Jones juga diangkat sebagai provincial Fransiskan di London. Pada tahun 1595 Jones ditangkap oleh Topcliffe dan ditahan selama 2 tahun bersama dengan Yohanes Rigby. Setelah lama ditahan, akhirnya mereka disidangkan dan dinyatakan bersama pada 3 Juli 1598 atas tuduhan melakukan pengkhianatan. Jones dihukum mati dengan cara digantung. Sebelum dieksekusi, Jones masih sempat berkotbah bagi para umat yang hadir.
Yohanes Jones meninggal dunia pada 12 Juli 1598 di Southwark, Inggris. Pada 15 Desember 1929 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XI, dan pada 25 Oktober 1970 ia dikanonisasi oleh Paus Paulus VI bersama dengan ke-40 martir Inggris dan Wales.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar