Sabtu, 09 Juli 2016

Orang Kudus 9 Juli: St. Leo Ignasius Mangin

SANTO LEO IGNASIUS MANGIN, MARTIR
Leo Ignasius Mangin lahir pada 30 Juli 1857 di Verny, Metz, Perancis. Ia memperoleh penddikan di Metz dan Amiens. Untuk menjawab panggilan Tuhan Leo bergabung dengan Serikat Yesus di Saint Acheul, dan belajar filsafat di Louvain. Leo mengajar Liege dan setelah menyelesaikan pendidikan teologinya, ia ditahbiskan pada 31 Juli 1886.
Lei dikirim sebagai misionaris ke Cina dan ditempatkan di Zhujiahe. Ia menjadi superior di distriknya dan ketika terjadi revolusi boxer, Leo menyadari bahwa bahaya mengancam kota tempat ia tinggal. Ia meminta Paul Denn untuk menjadi asistennya.
Pada 15 Juli 1900 Boxer menyerang Zhujiahe dan serangannya berhasil dihalau oleh para penduduk desa. Lima hari berikutnya Boxer berhasil menembus pertahanan desa Zhujiahe. Leo dan Paul Denn, bersama dengan umat katolik, terutama wanita dan anak-anak, berkumpul di kapel dan berdoa. Ketika para boxer itu mendobrak masuk kapel, mereka menawarkan pembebasan bagi yang mau menyangkal imannya. Banyak yang tidak takut dan menolak untuk menyangkal sehingga mereka dibunuh sebagai martir Kristus.
Leo Ignasius Mangin meninggal dunia pada 20 Juli 1900 di Zhujiahe, Cina. Pada 17 April 1955 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XII, dan pada 1 Oktober 2000 ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar