Sabtu, 09 Juli 2016

Orang Kudus 9 Juli: St. Maria Hermina

SANTA MARIA HERMINA, MARTIR
Terlahir dengan nama Irma Grivot. Hermina lahir pada 28 April 1866 di Beaune, Perancis. Hermina adalah puteri seorang pembuat barel. Hermina memiliki riwayat kesehatan yang buruk. Ia menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya pada tahun 1883, tetapi ia tidak melanjutkan pendidikannya. Hermina merasa terpanggil untuk hidup religious tetapi keluarganya menentangnya.
Pada tahun 1894 Hermina pergi ke Vanves untuk mengikuti pra-novisiat Kongregasi Fransiskan Misionaris Maria. Penamplannya yang rapuh dan juga riwayat kesehatannya yang buruk dapat dikalahkan oleh keinginan kuatnya untuk menjadi seorang misionaris. Hermina menjalankan masa novisiatnya di Les Chatelets, Perancis.
Pada bulan Juli ia menerima nama baru Maria Hermina de Jesus. Hermina bertugas mengurus biara di biara novisiatnya. Kemudian Hermina dipindahkan ke Marseilles untuk berlatih merawat orang sakit. Pada tahun 1898 Hermina dikirim sebagai misionaris ke Talyuanfu, Shanxi, Cina. Di sini ia bertugas sebagai superior kelompoknya. Bersama rekan-rekannya, Hermina merawat orang sakit pada sebuah rumah sakit, serta orang-orang terlantar.
Dalam penganiayaan Boxer pada tahun 1900, mereka semua ditangkap dan disiksa sampai mati. Maria Hermina de Jesus meninggal dunia pada 9 Juli 1900 di Taiyuanfu, Cina. Pada 24 November 1946 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XII, dan pada 1 Oktober 2000 ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar