Selasa, 02 Agustus 2016

Orang Kudus 2 Agustus: St. August Czartoryski

BEATO AUGUST CZARTORYSKI, PENGAKU IMAN
August Czartoryski lahir pada 2 Agustus 1858 di Paris, Perancis. Ia adalah putera dari Pangeran Ladislaus dari Polandia, dan Putri Maria Amparo, puteri dari Ratu Spanyol, Maria Christina. Sejak kecil August sangat diharapkan oleh ayahnya untuk menjadi pemimpin mempersatukan kembali negaranya. Ketika August berusia 16 tahun, ibunya meninggal dunia karena tuberculosis, dan August juga terinfeksi yang membuat kesehatannya tidak pernah baik.
August memperoleh pelajaran dari Santo Rafael Yosef Kalinowski, sebelum St. Rafael bergabung dengan Ordo Karmel Tak Berkasut. Atas saran St. Rafael, ayahnya mencarikan August pembimbing seorang imam. August tidak merasa senang dengan kehidupannya sebagai seorang bangsawan, sebaliknya ia merasa terpangggil untuk hidup religius.
August bertemu dengan Santo Yohanes Bosko ketika St. Yohanes berkunjung ke Paris. August merasakan panggilan Tuhan dan memutuskan untuk bergabung dengan Kongregasi Salesian. August  pergi ke Turin untuk bertemu St. Yohanes dan mengikuti retret. Ia tidak merasa terganggu dengan kesehatan dan juga tentangan dari keluarganya. St. Yohanes Bosko pada awalnya ragu untuk menerima August sehingga August bertemu dengan Paus Leo XIII, yang kemudian meyakinkan St. Yohanes Bosko untuk menerimanya.
Tahun 1887 August  memulai masa novisiatnya dan menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya. Pada 24 November 1887 ia menerima jubah dari St. Yohanes Bosko. Sementara itu ayahnya berusaha meyakinkan August untuk meninggalkan panggilannya dan melakukan usaha-usaha agar August keluar dari kongregasinya. Tanggal 2 April 1892 August ditahbiskan menjadi imam di San Remo, Italia, tanpa dihadiri keluarganya. Satu bulan kemudian ia kembali bertemu dengan ayahnya di Mentone.
August Czartoryski meninggal dunia pada 8 April 1893 di Allasio, Italia. Pada 25 April 2004 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar