Jumat, 26 Agustus 2016

Orang Kudus 26 Agustus: St. Zefyrinus Namuncura

BEATO ZEFYRINUS NAMUNCURA, PENGAKU IMAN
Zefyrinus Namuncura lahir pada 26 Agustus 1886 di Chimpay, Argentina. Ia adalah putera dari Manuel Numuncura, seorang kepala suku Indian Mapuche, dan Rosario Burgos. Zefyrinus diharapkan oleh ayahnya untuk menjadi seorang pemimpin, sehingga ia diserahkan untuk dibesarkan kepada seorang misionaris Salesian, Pastor Dominikus Milanesio, yang juga membaptisnya.
Zefyrinus mendapat perlakuan-perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman-teman sebayanya, terutama karena ia adalah seorang Indian. Hal ini membuat Pastor Dominikus membawanya ke sekolah misi Salesian di Buenos Aires. Zefyrinus menghadapi setiap perlakuan teman-temannya dengan penuh kesabaran.
Pada 8 September 1898 Zefyrinus menerima komuni pertamanya, dan setahun berikutnya ia menerima Sakramen Krisma. Rosario merupakan doa dan devosi yang ia senang. Ia sering mendoakannya di hadapan Sakramen Mahakudus. Banyak teman-temannya yang membandingkan Zefyrinus dengan Santo Dominikus Savio.
Zefyrinus kemudian memutuskan untuk menjadi seorang imam. Oleh Superior Salesian, Uskup Antonio Cagliero, Zefyrinus dibantu untuk masuk seminari menengah di Viedma. Ketika akan melakukan upacara penghormatan kepada Bunda Kerahiman, pada 24 September 1903, Zefyrinus batuk dengan mengeluarkan darah, yang menjadi tanda penyakit Tuberculosis.
Pada April 1904 Zefyrinus dibawa oleh Uskup Agung Cagliero ke Roma dengan harapan udara yang berbeda akan membantu penyembuhannya. Zefyrinus tiba di Turin (Italia) pada 19 Juli 1904. Zefyrinus kemudian dipindahkan ke Institut Salesian, Villa Sora, di Frascati, kembali dengan harapan udara yang hangat akan membantu proses penyembuhannya. Pada 27 September 1904 Zefyrinus berkesempatan berjumpa dengan Paus Pius X.
Bulan Maret 1905 kesehatan Zefyrinus kembali memburuk bahkan sampai harus dilarikan ke rumah sakit. Zefyrinus Numuncura meninggal dunia pada 11 Mei 1905 di Roma, Italia. Pada 18 November 2007 ia dibeatifikasi oleh Paus Benediktus XVI, yang diwakili oleh Kardinal Tarcisio Bertone, SDB.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar