Selasa, 30 Agustus 2016

Orang Kudus 30 Agustus: St. Amadeus

SANTO AMADEUS, PENGAKU IMAN
Amadeus lahir pada sekitar tahun 1110 di Dauphine, Perancis. Ia adalah putera dari Amadeus Clerrmont, seorang bangsawan di Hauterive. Amadeus memperoleh pendidikan di biara di Bonnevaux dan Cluny. Amadeus kemudian bertugas di Istana Kaisar Henry V.
Karena tertarik dengan kehidupan para biarawan, Amadeus akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Ordo Sistersian di Clairvaux. Di sini Amadeus  mendapat bimbingan langsung dari abbas Santo Bernardus Clairvaux. Amadeus kemudian ditugaskan sebagai abbas pada biara Ilautecombe, Savoy pada tahun 1139.
Pada tahun 1144 Amadeus ditunjuk sebagai uskup di Lausanne, walau sebenarnya ia tidak menginginkannya. Namun karena ketaatannya, Amadeus akhirnya menerima penugasan itu. Keadaan keuskupannya sangat buruk, terlihat dari para rohaniwan dan juga kaum awam. Amadeus harus bekerja keras melakukan perubahan. Kotbah-kotbah Amadeus masih tersimpan sampai saat ini.
Di akhir hidupnya, Amadeus diserahi tanggung jawab sebagai wakil pemimpin Savoy dan Kanselir Burgundy. Amadeus meninggal dunia pada 24 Agustus 1159 di Perancis. Tidak diketahui dengan pasti kapan Amadeus dibeatifikasi dan dikanonisasi. Tapi pada 9 Desember 1903 kultusnya diakui oleh Paus Pius X
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar