Sabtu, 10 September 2016

Orang Kudus 10 September: St. Nikolaus Tolentino

SANTO NIKOLAUS TOLENTINO, PENGAKU IMAN
Nikolaus lahir pada sekitar tahun 1246 di Sant’ Angelo, Forma, Italia. Ia adalah putera dari Compagnonus de Guarutti dan Amata de Guidiani. Nikolaus dinamakan dari Santo Nikolaus Myra, dimana dikisahkan kedua orangtua Nikolaus memohon diberikan anak melalui perantaraan Santo Nikolaus. Hidup kudus sudah mulai dilakukan Nikolaus sejak kecil.
Ketika beranjak dewasa, Nikolaus memutuskan untuk bergabung dengan Ordo St. Agustinus, setelah mendengar homili dari seorang imam Agustinian. Nikolaus belajar di bawah bimbingan Angelus de Scarpetti. Pada tahun 1271 Nikolaus ditahbiskan menjadi imam. Setelah menjadi imam ia banyak berhomili, yang berhasil mempertobatkan banyak orang. Tidak lama kemudian ia ditugaskan di Tolentino. Di sini ia mendamaikan dua kelompok yang bermusuhkan: Guelfs dan Ghibellines. Devosinya adalah mendoakan orang-orang yang sudah meninggal, dan juga jiwa-jiwa di api pencucian.
Suatu ketika Nikolaus jatuh sakit. Ia memperoleh penglihatan akan Santa Maria, Santo Agustinus dan Santa Monika, yang mengajarkannya membuat roti, yang kemudian menyembuhkannya. Roti ini kemudian dibagikan setelah sebelumnya didoakan, yang sampai saat ini dikenal dengan Roti St. Nikolaus. Banyak kisah mukjizat lainnya yang terjadi melalui perantaraan Nikolaus.
Nikolaus Tolentino meninggal dunia pada 10 September 1305 di Tolentino, Italia. Pada 5 Juni 1446 Nikolaus dikanonisasi oleh Paus Eugenius IV.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar