Senin, 19 September 2016

Orang Kudus 19 September: St. Alfonsus de Orozco

SANTO ALFONSUS DE OROZCO, PENGAKU IMAN
Alfonsus de Orozco lahir pada 17 Oktober 1500 di Oropesa, Toledo, Spanyol. Ia adalah putera dari seorang gubernur kartil di Oropesa. Ia belajar di Talavera de la Reina, mempelajari musik dan bertugas sebagai paduan suara di Katedral Toledo selama 3 tahun. Ia kemudian masuk Universitas Salamanca pada usia 14 tahun.
Alfonsus merasa terpanggil setelah mendengarkan homili dari seorang imam Agustinian, Santo Thomas Vilanova. Ia kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Ordo Agustinian. Alfonsus ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1527. Superiornya menyadari kemampuannya dalam menyebarkan Sabda Allah. Ia kemudian menjadi prior pada biara di Valladolid pada tahun 1554, dan juga menjadi pengkotbah untuk Kaisar Charles V.
Pada tahun 1549 Alfonsus berkeinginan untuk menjadi misionaris di Meksiko, tetapi karena sakit ia kembali ke Spanyol. Tahun 1561, saat ibukota dipindahkan ke Madrid, Alfonsus juga ikut pindah melayani Kaisar Charles V. Alfonsus menolak stipendium normal kerajaan, dan memilih hidup sebagai biarawan rendah hati. Ia selalu menerima siapapun yang mencari bimbingan rohani.
Alfonsus sering menghabiskan waktu luangnya dengan mengunjungi orang di rumah sakit, penjara dan orang miskin di jalanan. Ia dikenal juga sebagai penulis ternama dalam bahasa Spanyol dan Latin, termasuk sejarah Agustinian. Alfonsus memiliki devosi kepada Perawan Maria.
Alfonsus de Orozco meninggal dunia pada 19 September 1591 di Kolose Inkarnasi, Madrid, Spanyol. Masyarakat Madrid menyerbu kolose dan memasuki ruang Alfonsus untuk mencari relikui dari imam yang mereka cintai. Pada 15 Januari 1882 ia dibeatifikasi oleh Paus Leo XIII, dan pada 10 Maret 2002 ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar