Jumat, 02 September 2016

Orang Kudus 2 September: St. Petrus Renatus Rogue

BEATO PETRUS RENATUS ROGUE, MARTIR
Petrus Renatus Rogue dilahirkan pada 11 Juni 1758 di Vannes, Perancis. Ia adalah putera seorang pengusaha, yang meninggal dalam perjalanan bisnis. Setelah menyelesaikan pendidikannya. Petrus sempat tinggal selama satu tahun di Bourges. Petrus kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Seminari Diosesan di Vannes. Karena kesehatannya yang buruk, pada dua tahun terakhirnya di seminari, Petrus diizinkan untuk tinggal bersama ibunya.
Setelah ditahbiskan pada tahun 1782 Petrus mendapat tugas untuk melayani seorang wanita tua. Empat tahun kemudian Petrus memutuskan untuk bergabung dengan Kongregasi Misi, namun karena alasan kesehatan, Petrus hanya tinggal selama 3 bulan di biara St. Lazare. Petrus kemudian mendapatkan tugas untuk mengajar teologi kepada umat awam.
Pada tahun 1791, ketika Revolusi Perancis dimulai, Petrus mendapat kabar bahwa superior Seminari Vincentian dan beberapa imam bersedia untuk taat kepada hukum negara. Petrus memberikan teguran kepada superior seminari, dan pada hari yang sama Petrus berhasil mengubah pemikirannya. Hal ini diikuti oleh banyak imam lainnya. Saat Seminari Kongregasi Misi hendak dirampas oleh pemerintah, Petrus berhasil melawan dan mempertahankan seminari beserta para pengajarnya.
Di Vannes Petrus menjalin hubungan baik dengan pihak pemerintah, karena mereka berasal dari kota yang sama. Ketika keadaan semakin memburuk, Petrus harus bersembunyi dan melakukan pelayanan secara sembunyi-sembunyi. Pada awal tahun 1795 pemerintah memberikan kembali kebebasan kepada para imam yang menolak bersumpah setia kepada hukum negara. Petrus kembali melakukan pelayanan kepada umatnya.
Di akhir tahun 1795 penganiayaan kembali terjadi kepada para imam. Pada malam natal, ketika hendak mengantar viaticum kepada umat yang sakit, Petrus dikhianati dan diserahkan kepada pemerintah. Walaupun memperoleh kesempatan untuk melarikan diri, Petrus memilih untuk tetap ditahan agar tidak membahayakan umatnya.
Akhirnya Petrus diadili dan dijatuhi hukuman mati. Petrus Renatus Rogue meninggal dunia pada 3 Maret 1796 di Vannes, Perancis, sebagai martir Kristus. Pada 10 Mei 1934 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar