Jumat, 02 September 2016

Orang Kudus 2 September: St. Severinus Girault

BEATO SEVERINUS GIRAULT, MARTIR
Orang kudus ini memiliki nama asli Georges Girault. Nama Severinus didapat setelah ia bergabung dengan Ordo Regular St. Fransiskus. Severinus dilahirkan pada 14 Januari 1728 di Rouen, Perancis. Severinus bergabung dengan Ordo Fransiskan, dan mengikrarkan kaulnya pada 8 Agustus 1750. Severinus ditahbiskan menjadi imam dan sempat menjabat pada jabatan penting di ordonya. Tidak diketahui kapan Severinus datang ke kota Paris, tetapi ia bertugas menjadi imam bagi komunitas biarawati St. Elisabeth di Paris.
Saat terjadi Revolusi Perancis Severinus memilih untuk tetap melayani para biarawati itu. Ia juga dengan tegas menolak sumpah setia kepada negara. Severinus  memilih untuk setia kepada Gereja. Hal ini membuatnya ditahan pada sebuah biara Karmel. Di sinilah ia berkenalan dengan Yohanes Fransiskus Burte.
Severinus Girault meninggal dunia sebagai martir pada 2 September 1792 di Hotel des Carmes, Paris, Perancis, setelah rumah tahanannya diserbu dan para rohaniwan yang menjadi tahanannya dibunuh. Pada 17 Oktober 1926 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XI, bersamaan dengan Yohanes Fransiskus Burte.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar